5 Bahan Kaos Terpopuler

Posted on Posted in bahan, distro, pembuatan kaos, proses produksi kaos

Kaos merupakan pakaian paling populer di dunia ini. Mulai dari anak kecil hingga lansia, direktur perusahaan hingga satpam perusahaan, semua sering memakai pakaian ini minimal seminggu sekali. Karena itu anda perlu mengetahui bahan-bahan kaos yang cocok untuk kebutuhan anda, karena tentu bahan kaos akan mempengaruhi kenyamanan aktifitas si pemakai.

Untuk membuat kaos ada berbagai macam bahan yang digunakan. Pemilihan bahan yang digunakan untuk membuat kaos tergantung pada jenis dan fungsi kaos tersebut. Misalnya pada pakaian bayi para produsen kaos biasanya memakai bahan yang halus, lembut dan nyaman dipakai, Begitu pula dengan kaos untuk anak-anak harus menggunakan bahan yang halus, lembut dan nyaman untuk dipakai.

Umumnya untuk kaos standar, produsen kaos menggunakan bahan berjenis katun. Untuk mengenal lebih jauh tentang bahan-bahan kaos, berikut penjelasan tentang macam-macam jenis bahan kaos :

1. Katun Combed (Cotton Combed)

Bahan katun combed terbuat dari 100% serat kapas alami. Bahan ini memiliki karakteristik terkstur yang halus, adem, nyaman dan menyerap keringat sehingga nyaman dipakai di negara tropis seperti Indonesia. Bahan katun combed memiliki serat benang yang halus dan rata sehingga penampilannya  terlihat halus dan rapi.

2. Katun Kardet (Cotton Cardet)

Kain katun kardet memiliki serat benang yang kurang halus. Kain kardet merupakan kain KW 1nya katun combed, sehingga hasil rajutan dan penampilan bahannya kuran halus dan rata. Karena harganya relatif lebih murah jika dibanding katun combed, bahan katun kardet sering digunakan untuk kaos-kaos dengan target pasar kelas mengengah, misalnya kaos pabrik, seragam buruh dan kaos oblong olahraga.

3. Katun Bambu (Cotton Bamboo)

Katun bambu adalah jenis kain yang terbuat dari campuran katun dan serat bambu. Bahan kaos jenis ini dikategorikan bahan premium dikarenakan memiliki keunggulan-keunggulan berikut ini:

  • Anti bakteri
  • Menyerap keringat
  • Anti bau
  • Anti listrik statis
  • Dapat didaur ulang
  • Cocok untuk kulit sensitif
  • Lembut
  • Terasa ringan di kulit
  • Elastis
  • Tahan lama dan sejuk walau dipakai di bawah terik matahari dikarenakan daya tembus sinar UV katun bambu 20% lebih rendah dibanding kain lain.

4. Dri-fit

Bahan dri-fit cocok digunakan sebagai jersey olahraga dan kaos aktifitas outdoor. Bahan ini terbuat dari campuran Mikrofiber dan Polyester.

Karakteristik bahan ini adalah pakaian menjadi cepat kering bila terkena keringat (oleh karena itu diberi nama dri fit atau dryfit). Hal ini disebabkan oleh tekstur kain yang berpori sehingga menyebabkan bahan ini lebih mudah menyerap keringat.

5. Lacoste

Kain lacoste merupakan sebutan untuk bahan yang biasa digunakan untuk membuat kaos berkerah (polo shirt), kain ini juga disebut pique. Kain lacoste memiliki tekstur yang berpori. Kain lacoste bisa dikelompokan menjadi tiga jenis, PE, Katun, dan CVC, yang membedakan antara ketiganya adalah campuran bahannya.

Demikianlah info dan tips dari kami soal bahan kaos yang umum digunakan di pasaran, semoga dengan ini anda lebih bijak memilih bahan kaos sesuai dengan kebutuhan anda.


PT Bandung Indo Garmen siap melayani jasa produksi berbagai macam kaos dengan beragam pilihan bahan dan sablon / bordir yang bervariasi. Silahkan hubungi Customer service kami atau dengan mengklik tombol ‘Pesan via WhatsApp’ dibawah untuk tanya-tanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *