Cara Membuat Desain Kaos Custom Sendiri

Posted on Posted in distro, industri konveksi

Tidak bisa dipungkiri kaos merupakan jenis pakaian yang paling populer saat ini, hampir semua orang memakainya setidaknya sekali seminggu. Kaos juga merupakan salah satu media kreasi seni yang diminati anak muda kekinian. Banyak sekali desain kaos yang beredar di pasaran, dengan berbagai segmentasi pasar dan tingkat kesulitan.

Apa kamu pernah terpikir untuk membuat desain sendiri? tentu akan membanggakan kalau desain kamu dipasang pada kaos dan dilihat banyak orang. Media dan teknologi saat ini sudah sangat mendukung kita untuk mengaplikasikan kreasi kita.

Sudah banyak konveksi atau garmen yang mampu memproduksi kaos dengan desain buatan kamu. Kamu juga tidak perlu memusingkan masalah hak cipta desain, karena kamu sendiri yang membuantnya. Karena itu artikel kali ini akan memaparkan langkah-langkah membuat desain kaos sendiri (Do it yourself), berikut tahapannya.

 

1. Sketsa Desain

Langkah awal dalam membuat desain sendiri adalah membuat sketsa desain yang inginkan tersebut pada media kertas putih biasa. Tentunya pada tahapan ini penting untuk kamu memiliki sumber inspirasi desain kaos kamu. Kamu dapat memilih ingin menggunakan pensil atau pulpen. Jika sketsa sudah selesai, kamu dapat lanjut ke langkah yang kedua.

2.  Pindahkan Sketsa Desain ke Komputer

Sketsa desain sudah kamu miliki, maka selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memindahkan desain ini ke komputer. Kamu tidak perlu memberikan warna pada desain. Cobalah gunakan aplikasi Adobe Photoshop atau CorelDraw untuk menghasilkan pemidahan sketsa yang lebih bagus.

3. Cetak Desain BW di Kertas Minyak

Setelah desain di komputer selesai dibuat, kamu dapat mencetaknya ke kertas minyak atau yang biasa disebut juga dengan kalkir. Cetak desain dalam gambar BW (black and white), tanpa warna sama sekali.

4. Campurkan Afdurk ke Hasil Print Desain

Kamu selanjutnya harus melakukan pencampuran afdurk ke hasil print desain. Afdurk adalah cairan yang harus kamu taruh dengan hasil print tadi di tempat gelap dan hanya bagian atasanya yang disinari matahari. Hasilnya selama beberapa detik atau menit akan membuat desain lebih mudah untuk disablon nantinya.

5. Persiapkan Kertas Minyak sebagai Media Sablon

Setelah melalui proses pencampuran afdurk tadi, selanjutnya kamu harus mempersiapkan kertas minyak sebagai media sablon. Bagian atas screen harus dibersihkan dengan air hingga muncul gambar desain anda yang sebelumnya di print di kertas minyak. Pada bagian yang kosong tersebutlah kamu akan melakukan sablon nantinya.

6. Sablon dengan Tinta sesuai Pilihan

Selanjutnya proses sablon pun sudah dapat dimulai yaitu dengan menggunakan tinta sablon pilihan kamu. Baik warna maupun kekentalan dari tinta sablon ini dapat kamu putuskan sendiri untuk hasil yang memuaskan.

7. Keringkan Hasil Sablon

Tinta sablon sudah kamu aplikasikan semua, maka waktunya kamu menunggu hingga sablon benar-benar kering. Kamu dapat mengeringkannya langsung menggunakan hairdryer atau dapat juga memanfaatkan sinar matahari.

8. Proses Setrika Hasil Sablon Agar Merekat

Terakhir setelah sablon kering, kamu harus menyetrika kaos yang sudah jadi dengan beralaskan kertas di atas sablon. Hal ini dilakukan untuk membuat hasil sablon benar-benar merekat dengan kuat pada bahan kaos.

 

Itulah langkah-langkah  membuat desain kaos sendiri yang perlu kamu pelajari. Skill ini berguna bagi kamu yang berminat menjadi desainer freelance ataupun bagai kamu yang berminat memulai bisnis kaos distro. Semoga bermanfaat. 

 

 

Sumber: https://blog.porinto.com/desain-kaos-sendiri/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *