Jenis Kain Bahan Seragam

Posted on Posted in bahan, industri konveksi, konveksi bandung, pembuatan kaos, polo shirt, Seragam

Seragam adalah seperangkat pakaian dan atributnya yang dikenakan sama/serupa oleh suatu anggota organiasi atau lembaga pemerintah atau non pemerintah sewaktu berpartisipasi atau melakukan kegiatan aktivitas dalam organisasi tersebut.

Fungsi Seragam

  1. Meningkatkan motivasi kerja bagi karyawan
  2. Pembeda dengan perusahaan lain dan pembeda jabatan atau divisi
  3. Memberikan kesan pada konsumen kalau perusahaan anda adalah Profesional
  4. Sebagai sarana promosi, branding atau iklan dan kampanye bagi peserta pemilu atauperusahaan yang belum dikenal

Jika anda sudah tahu manfaat membuat seragam maka dalam membuat seragam jangan sembarangan. Ada beberapa yang harus diperhatikan saat membuat seragam. Seragam harus bisa melindungi atau mencegah atau mengurangi resiko dari bahaya dari luar sesuai profesinya
Bahan berkualitas sehingg tidak mudah sobek, aus dan runtur warnanya, agar tidak merusak image perusahaan, nyaman dan tidak mengganggu produktifitas kita saat bekerja.

Berikut jenis – jenis bahan yang lazim digunakan untuk membuat seragam, baik seragam sekolah, seragam kerja ataupun seragam komunitas:

  1. Drill

Ada beberapa jenis dan merk bahan drill yaitu taipan drill dan taipan tropical. Kedua bahan drill tersebut merupakan produk jepang yang kualitasnya baik dan tebal. Selain kedua bahan tersebut ada pula jenis dan merk drill lainnya seperti merk American drill seperti bahan verlando dan venosa yang harganya relatif murah daripada bahan japan drill. Bahan  ini merupakan bahan yang nyaman dipakai untuk seragam.

  • Japan Drill memiliki serat yang besar. Jenis kain ini lebih kuat dan tebal dibandingkan jenis kain drill lainnya. Japan drill sangat populer untuk digunakan sebagai seragam, dikarenakan karakteristiknya yang kuat.
  • American Drill memiliki serat sedang. Kain ini memiliki permukaan kain yang lembut dan tekstur yang halus. Jenis bahan Kain American Drill terbuat dari campuran bahan katun dan polyester.
  • Taipan Drill memiliki ciri lentur dan tidak mudah kusut serta memiliki permukaan yang halus. Seperti jenis Kain drill ini terbuat dari campuran katun dengan  teteron sehingga nyaman untuk digunakan

2. Katun

Bahan katun merupakan jenis bahan yang dirajut (knitting) yang berbahan dasar serat kapas. Katun combed yang biasa digunakan jenis katun combed 20’s, 24’s, dan 30’s. Maksud dari 20’s, 24’s dan 30’s adalah untuk menggambarkan gramasi atau ketebalan dari bahan katun combed itu sendiri. Semakin tinggi gramasinya akan semakin tebal bahannya.

3. Oxford

Bahan ini teksturnya rata tidak seperti drill. Jalinan benang-benang pintalan kain semacam jalinan titik-titik seperti pixel dalam resolusi gambar. Secara umum lebih tipis dari kain drill.

4. Akrilit

Bahan ini biasa digunakan untuk membuat kemeja. Bahan ini lebih bagus apabila penggunaannya di padu padankan dengan rompi berbahan light weight wools (bahan wol yang ringan)

Kami  melayani jasa produksi kaos, kaos partai, kaos polo, jaket, sweater, topi, kemeja, seragam, jersey, dll sesuai dengan desain yang disediakan customer. Hubungi kami via Whatsapp dengan mengklik tombol ‘Pesan via WhatsApp’ dibawah untuk respon cepat.

Alamat Pabrik & Kantor

Jl. Gagak 143b, Coblong, Sadang Serang, Kota Bandung,
Jawa Barat 40133

Telepon / WA / SMS

0821 1506 3536 (Mela)
0878 2363 4355 (Anggi)

E-Mail

terminalkaos@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *