Mengenal Jenis Kain Celana

Posted on Posted in distro, industri konveksi

Celana merupakan kebutuhan pakaian sehari-hari yang sama pentingnya dengan baju. Celana baik untuk pria maupun wanita memiliki beragam jenis. Jenis celana bisa ditentukan dari kain atau bahan untuk membuat celana.

Apakan anda hendak membeli celana namun bingung dengan pilihan bahannya? atau anda hendak memproduksi celana? pada artikel kali ini kami akan membahas tentang bahan-bahan (kain) yang umum dipakai untuk membuat celana, berikut ulasannya.

1. Drill

Sumber: https://everythingaustralian.com.au/

Mungkin selaman ini anda mengenal drill sebagai bahan kemeja, namun drill juga digunakan untuk membuat celana. Bahan drill berciri tebal, kuat, agak kaku, dan tidak elastis.  Jenis kain celana ini perlu disetrika terlebih dahulu karena biasanya akan meninggalkan bekas kerutan setelah proses pencucian.

Tapi  kita harus berhati-hati saat menyetrika karena biasanya akan terlihat mengkilap saat disetrika pertama kali. Kalau ingin lebih amannya, saya biasa menggunakan kain tipis untuk alas setrika sehingga tidak langsung menyentuh kain drill tersebut. Celana drill biasa digunakan sebagai celana seragam kerja.

2. Ripstop

https://www.wrangler.com/

Kain ripstop merupakan kain terbuat terbuat katun/semi katun atau bahan sintetis, seperti polyester dan  serta nilon, yang berbeda adalah cara menenunnya yang menjadi ciri khasnya.

Campurannya bisa menggunakan katun dan sintetisnya sama atau lebih banyak atau nilonnya lebih tinggi, dengan kerapatan yang sangat rapat dan berbagai pola bentuk garis mulai dari hexagon, diamond atau kotak, dan sebagainya, itu membentuk struktur kain menjadi 3 dimensi anyamannya sehingga membuat serat kain atau nilon menjadi terjalin sangat kuat, tidak mudah sobek.

3. Denim

https://www.target.com/

Denim merupakan salah satu jenis kain yang proses pembuatannya dengan cara ditenun memakai serat katun berwarna biru. Serat katun berwarna biru yang dimaksud tersebut adalah untuk jenis pakan. Sedangkan untuk jenis lungsi menggunakan serat warna putih. Hal inilah yang menyebabkan mayoritas kain Jeans bagian dalamnya terlihat berwarna putih.

Kain jenis Denim dibuat dengan menggunakan bahan Twill Weave atau sejenis tenun silang kepar. Dengan demikian, jenis bahan ini mampu menghasilkan garis diagonal yang merupakan ciri khas dari kain Denim secara umum.

4. Kanvas

https://www.sierra.com/

Kain kanvas merupakan jenis kain yang memiliki serat tebal serta sifatnya sangat kuat. Celana berbahan kanvas biasa digunakan oleh pekerja lapangan berat, seperti di pertambangan.

Saat ini bahan dasar kanvas sudah berganti menjadi kapas atau linen, namun semua produsen kanvas pastinya tetap memperhatikan kualitas dan daya tahan kain sehingga tak perlu khawatir jika Anda ingin menggunakan kain kanvas dalam berbagai kesempatan. Ada juga kanvas berbahan sintetis seperti polyester.

5. Katun

https://www.snapdeal.com/

Bahan katun terbuat dari  serat kapas alami. Bahan ini memiliki karakteristik terkstur yang halus, adem, nyaman dan menyerap keringat sehingga nyaman dipakai di negara tropis seperti Indonesia. Bahan katun memiliki serat benang yang halus dan rata sehingga penampilannya  terlihat halus dan rapi. Bahan katun sangat populer digunakan untuk membuat kaos.

6. Jersey

https://www.jcpenney.com/

Kain jersey merupakan jenis kain tekstil rajutan yang terbuat campuran katun dan kain sintetis. Kain jenis ini memiliki karakteristik halus, tidak berbulu dan lembut. Kain jersey banyak digunakan untuk seragam olahraga, khususnya sepak bola.

7. Spandek

https://www.amazon.com/

Bahan spandek merupakan sejenis serat buatan yang memiliki karakter bahan yang elastis atau mampu merenggang. Kemampuan bahan spandek untuk bisa merenggang hingga mencapai 5 kali dari ukuran aslinya. Bahan spandek ini merupakan salah satu bahan sintetis 100% yang sengaja di desain untuk menggantikan peran karet.

Bahan kain spandek cukup mudah untuk di warnai sekaligus juga kompatibel dengan bahan kain yang lainnya, sehingga jika dicampurkan dapat menghasilkan sebuah produk yang unik.

Sekian jenis kain-kain yang umum digunakan untuk membuat celana di pasaran. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *