Jenis-jenis Kain Kanvas

Posted on Posted in bahan
Sumber: https://www.etsy.com/

Saat anda mendengar kata  ‘kanvas’ mungkin yang pertama kali terlintas di pikiran anda adalah kain yang biasa digunakan sebagai media lukis. Kain kanvas memang pada awalnya digunakan untuk melukis namun pada perkembangannya kain ini digunakan juga sebagai bahan pakaian dan aksesoris seperti jaket, tas, sampai karya seni.

Pada mulanya, kain kanvas terbuat dari jerami sehingga memiliki ketahanan yang sangat baik. Saat ini bahan dasar kanvas sudah berganti menjadi kapas atau linen, sampai bahan sintetis seperti polyester. Namun tentu dengan kualitas dan ketahanan yang tetap dijaga.

Jenis jenis Kain Kanvas

Pada umumnya kain kanvas memiliki karakteristik serat yang tebal, kuat dengan  serat kain yang terlihat jelas. Ciri tersebut bisa menjadi karakter dan style bagi berbagai busana atau aksesoris yang terbuat dari bahan kanvas.

Mengingat pengaplikasiannya yang cukup luas mulai dari jaket, tas, sepatu sampai aksesoris, tentu kanvas memiliki beragam jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan produsen. Berikut jenis-jenis kain kanvas yang kami rangkum.

1. Kanvas Blacu

Kanvas blacu umumnya memiliki harga yang relatif terjangkau dan paling mudah didapatkan di toko-toko kain. Bahan ini sering digunakan untuk membuat berbagai macam tas seperti totebag, tas serut sampai tas souvenir. Biasanya, bahan kanvas blacu ini digunakan untuk barang dengan desain yang tidak terlalu rumit.

 

Salah satu kelemahan yang dimiliki kanvas blacu adalah kekuatannya yang kurang prima sehingga tidak direkomendasikan untuk tas yang membawa barang yang terlalu berat.

2. Kanvas Marsoto

Jika anda ingin membuat tas, pakaian, ataupun aksesoris dengan bahan kanvas yang halus, sebaiknya pilihlah bahan kanvas marsoto. Meskipun sedikit lebih mahal, kualitas dari kanvas marsoto lebih terjamin dan lebih kuat. Ciri khas dari kanvas marsoto adalah bintik-bintik pada permukaannya yang mirip kain cordura.

3. Kanvas Ripstop

Bahan kanvas ripstop memiliki kualitas yang lebih baik daripada blacu. Selain itu, kain kanvas ini cenderung ringan karena tidak begitu tebal. Kanvas ripstop memiliki ciri serat yang berbentuk kotak-kotak yang membuatnya mudah dibedakan dari jenis kain lain. Bahan ini bisa digunakan untuk pakaian maupun aksesoris dengan harga jual yang lumayan tinggi.

4. Baby Canvas

Bisa ditebak dari namanya, baby canvas merupakan jenis kanvas yang paling lembut dan lentur sehingga nyaman digunakan untuk membuat apa pun. Jika baby canvas digunakan untuk membuat tas atau pakaian, hasilnya akan terlihat lebih mewah. Meskipun lembut dan lentur, bahan ini cukup kuat dan tahan lama.

5. Kanvas Sueding

Kanvas sueding memiliki karakteristik yang khas yaitu lapisannya yang tipis dan agak berbulu. Hal ini membuat benang atau material ringan lainnya mudah menempel pada kain ini. Jika disentuh, kain ini akan terasa lebih lembut dari jenis lainnya.

Dengan ketebalan yang sama, kanvas sueding akan terasa lebih tipis daripada yang lain. Jika dirawat dengan baik dan benar, pakaian yang terbuat dari kanvas sueding akan tahan sangat lama.

6. Kanvas Terpal

Kanvas terpal merupakan jenis kain kanvas yang paling tebal dan kuat dari semua jenis kanvas. Kanvas jenis ini umumnya kedap air dan akan tetap tahan meskipun terkena benda runcing.Kebanyakan orang tidak menggunakan kain jenis ini untuk tas dan pakaian karena terlalu tebal.

7. Kanvas PE

Sesuai namanya, kanvas PE adalah kain kanvas yang bahan dasarnya adalah polyester dicampur yang katun. Meskipun kuat, kain ini cenderung terasa panas saat digunakan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena bahan ini lebih banyak digunakan untuk membuat tas, bukan pakaian.

Bahan kanvas PE cocok digunakan untuk membuat tas dalam kuantitas banyak atau produksi masal karena akan menghemat biaya karena biasanya lebih murah dibandingkan beberapa jenis kain yang lain.

 

Itulah jenis-jenis kain kanvas yang kami rangkum, semoga bermanfaat.

 

 

Sumber: https://olympics30.com/kain-kanvas/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *