Kelebihan dan Kekurangan Kain Fleece

Posted on Posted in distro, industri konveksi

Terdapat banyak jenis bahan untuk membuat jaket dan sweater yang bisa dipakai sesuai fungsi dan style jaket yang dibuat. Salah satu bahan yang populer untuk membuat jaket adalah fleece, yang akan kami rangkum kelebihan dan kekuranganya dalam artikel kali ini.

Kain fleece merupakan salah satu jenis kain yang sering digunakan untuk membuat sweater dan jaket. Kain ini memiliki karakteristik yang lembut, hangat ketika di pakai dan sedikit berbulu pada permukaan kainnya. Kain ini merupakan salah satu hasil olahan dari produk tekstil yang dikenal dengan nama imitasi wool.

Berdasarkan komposisi materialnya, kain fleece dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori mulai dari fleece polyster, fleece cotton, fleece mikro, fleece bamboo, fleece polar dan lain- lain. Berikut kelebihan dan kekurangan kain fleece.

Kelebihan Kain Fleece

1. Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik.

Kain fleece ini dapat bekerja dengan baik sebagai isolator tubuh meskipun kain dalam kondisi basah. Kain fleece memiliki kemampuan dalam breathability yang sangat baik sehingga proses sirkulasi udara dapat berjalan baik saat pakaian tersebut dikenakan.

Karena bahan ini memiliki serat kain yang di desain dengan sedemikian rupa. Selain bahan ini dapat membuat tubuh Anda menjadi hangat juga tidak akan membuat Anda merasa gerah.

2. Cepat Kering

Kain fleece lebih cepat kering, ketika Anda habis mencuci bahan ini cukup di angin- anginkan saja akan kering dengan cepat. Kelebihan bahan ini juga sangat cocok Anda gunakan di daerah pegunungan yang udaranya biasanya lembah dan sering terjadi hujan.

Meskipun digunakan dalam kondisi basah, bahan fleece tetap bisa memberikan kehangatan karena dia memiliki peran sebagai insolator tubuh yang baik.

3. Elastis

Semua bahan jenis fleece cenderung lebih elastis. Sifat bahan yang elastis membuatnya menjadi lebih mudah dilipat. Meskipun bahan ini berbentuk jaket yang tebal. Selain itu, jika- sewaktu- waktu Anda mengalami kenaikan berat badan, maka Anda tidak usah bingung. Krena bahan feece elastis, maka Anda tetap bisa memakainya. Jika kenaikan berat badan tidak terlalu banyak.

4. Harganya Terjangkau

Harga kain fleece lebih terjangkau meskipun memiliki kualitas yang bagus. Jadi pakaian dengan jenis bahan ini dapat dimiliki oleh semua orang.

5. Awet dan Tahan Lama

Bahan fleece khususnya fleece cutton memiliki kelebihan tersendiri yaitu bahannya lebih awet dan tahan lama. Untuk tingkat kelembutannya, bahan ini cenderung tergantung dengan lamanya penggunaan bahan tersebut.

6. Teksturnya Lembut

Bahan Fleece ini memiliki tekstur yang lembut, sehingga akan memberikan kenyamanan saat di pakai. Tidak perlu khawatir akan merasa gata- gatal atau terjadi iritasi saat memakai pakaian dengan bahan fleece.

Kekurangan Kain Fleece

1. Lapisan Bagian Luar Mudah Mengelupas

Kekurangan dari kain fleece ini, lapisan bagian luarnya biasa mudah mengelupas jika sudah dipakai dalam waktu lama. Untuk menghindari hal itu terjadi, maka Anda harus memperhatikan cara perawatannya yang baik.

2. Tidak Cocok untuk Suhu Ekstrem

Meskipun bahan fleece memiliki kemampuan untuk menghangatkan. Namun bahan fleece kurang efektif jika dipakai di daerah bersuhu ekstrem atau suhu minus derajad celcius. Sebagai gantinya jika tinggal di daerah yang suhunya ekstrem, Anda dapat menggunakan bahan wool saja.

3. Mudah Kotor dan Menarik Rambut

Kain fleece merupakan salah satu jenis kain tekstil yang lebih mudah kotor, selain itu bahan ini juga mudah menarik rambut. Karena bagian luar bahan fleece terdapat bulu- bulu seperti di bagian dalamnya. Bagian tersebut yang membuat debu mudah terperangkap dan bahan seperti itu yang menyebabkan rambut tertarik.

Maka dari itu, jika Anda memakai pakaian dengan bahan fleece sebaiknya berhati- hati agar kebersihannya tetap terjaga dan tidak menarik rambut Anda.

4. Jenis Bahannya Agak Berat

Kain fleece memiliki warmth to weight ratio, sehingga jenis kain ini pada umumnya lebih berat. Bahan ini tidak direkomendasikan bagi orang- orang yang tidak menyukai jenis pakaian yang berat.

5. Proses Mencucinya Cukup Merepotkan

Perlu Anda ingat, bahwa pakaian dengan bahan fleece bahan yang cepat pudar jika terlalu sering di cuci. Oleh karena itu, Anda harus tahu perawatan yang baik bagaimana? Saat mencuci hindari penggunaan pemutih dan pelembut pakaian, karena kedua bahan tersebut dapat merusak bahan fleece.

Apakah bahan fleece boleh di cuci menggunakan mesin? Boleh saja, namun Anda harus menyetel suhu mesin supaya berada di suhu yang paling rendah dengan putaran yang paling pelan.

Selanjutnya, jangan lupa untuk membalik pakaian, bagian dalam Anda letakkan di luar dan sebaliknya. Hal itu dilakukan supaya warna pakaian tidak mudah pudar, Anda cukup angin- anginkan saja di tempat yang teduh, maka pakaian tersebut akan cepat kering.

Dari keterangan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kain fleece sangat cocok digunakan sebagai midlayer karena dalam kondisi apapun, untuk penggunaannya dapat disesuaikan dengan ketebalan bahan.

Pakaian dengan bahan fleece sangat cocok dikenakan pada musim hujan, karena ketebalannya dapat menghangatkan tubuh kita, selain itu pada saat di cuci pun akan mudah kering.

Sumber: https://olympics30.com/kain-fleece/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *