Kelebihan dan Kekurangan Sablon Plastisol

Posted on Posted in Uncategorized

Saat anda hendak membeli kaos distro bersablon, biasanya jenis sablon yang ditawarkan adalah plastisol dan rubber. Sebenarnya masih banyak jenis dari sablon kaos lain yang tersedia di pasaran. Misalnya  sablon pasta, sablon foam, sablon pigmen, dan lain-lain, tapi sablon rubber dan sablon plastisol yang paling umum dipakai untuk sablon kaos. 

Pada artikel kali ini kita akan khusus membahas sablon plastisol. Tinta plastisol merupakan tinta yang unik dan memiliki kualitas yang sangat baik, kuat, dan tidak mudah kering. Itulah mengapa desain yang rapat dan kecil-kecil disarakan untuk disablon menggunakan jenis tinta ini.

Tinta plastisol merupakan tinta yang berbahan dasar  minyak (oil-based). Saat digunakan untuk menyablon kaos, tinta ini akan lebih mudah diperbaiki jika terjadi kesalahan. Karena memang lebih lama kering dan terserap dengan sempurna ke bahan kaos yang kamu buat.

Kelebihan Sablon Plastisol

1. Tahan Lama. Dikarenakan tinta plastisol berbahan dasar minyak maka hasil sablon pada baju tidak akan mudah luntur meski sudah digunakan dan dicuci berkali-kali.

2. Warna lebih cerah. Tinta plastisol memiliki warna yang jauh lebih cerah sehingga saat dicetak ke atas kain dan akan menghasilkan tulisan dan gambar yang jelas 

3. Varian warna yang banyak. Tersedia varian warna yang lebih banyak dari sablonan lain di kelasnya. Anda bahkan bisa memilih warna transparan dan pastel.

4. Standar sablon Internasional. Plastisol banyak digunakan di luar negeri dan menjadi standar sablon Internasional.

5. Tekstur sablon lembut. Sablon plastisol tidak akan terlalu mempengaruhi kelembutan tekstur kaos karena tekstur sablonnya itu sendiri lembut.

6. Efek Sablon Bervariasi. Tinta sablon berbasis minyak dapat menghasilkan efek yang beragam, mulai dari efek timbul, glossy, doff, amazing, aspalt dan lainnya.

Kekurangan Sablon Plastisol

1. Tidak boleh disetrika. Hendaknya berhati-hati saan menyetrika kaos bersablon plastisol, karena sablon plastisol akan rusak bila disetrika.

2. Harga relatif mahal. Ini dikarenakan tintanya yang berbasis minyak sintesis. Sablon plastisol juga lebih mahal dari sablon rubber.

Sekian kelebihan dan kekurangan sablon plastisol yang kami rangkum. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *