Manfaat Memakai Rompi Safety

Posted on Posted in Seragam

Apakah anda pernah mengalami atau melihat suatu kejadian yang menimpa yang sesungguhnya tidak pernah diinginkan sama sekali?

Penyebab suatu kecelakaan kerja sangat kompleks dan biasanya satu dengan yang lain saling berkaitan. Apabila aturan keselamatan dan kesehatan kerja tidak sepenuhnya dilaksanakan oleh karyawan, maka kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja lebih besar dibandingkan dengan tempat lain yang secara sungguh-sungguh melaksanakan aturan keselamatan dan kesehatan kerja.

Kecelakaan tidak terjadi kebetulan melainkan ada sebabnya, kecelakaan tersebut dapat dicegah dengan cara melepaskan penyebabnya dan mencari apa penyebab kecelakaan sangat penting, karena hal itu akan dapat membantu upaya mencegah terjadinya kecelakaan sesedikit mungkin.

Salah satu upaya pencegahan kecelakaan kerja adalah dengan memakai seragam kerja khusus, salah satunya rompi safety yang akan kami rangkum manfaatnya dalam artikel kali ini.

Umumnya rompi safety  memiliki warna yang sangat cerah, seperti oranye atau hijau, dan dilengkapi kain reflektif, hingga dalam kondisi gelap sekalipun, rompi ini dapat memantulkan cahaya hingga orang yang menggunakannya dapat jelas terlihat. Visibilitas ini sangat penting untuk menghindari dari tertabrak alat berat atau kendaraan. Pekerja yang bekerja dengan alat berat dapat mengidentifikasi obyek itu sebagai manusia, bukan bagian dari benda-benda yang ada di situ. Berikut manfaat rompi yang kami rangkum:

1. Mudah terlihat, khususnya dalam kondisi gelap

Warna rompi yang cerah dan pita reflektif membuat rompi safety dapat terlihat dengan mudah oleh orang lain yang melakukan pekerjaan menggunakan alat berat, kendaraan atau peralatan lainnya. Dengan demikian kemungkinan terjadinya kecelakaan dapat diminimalisir.

2. Tahan Air

Meskipun tidak semua rompi safety memiliki ketahanan air, pada beberapa jenis rompi safety, rompi safety dapat melindungi pemakainya dari air hujan atau angin. Sekalipun tubuh berkeringat, namun rompi safety dapat melindungi atau minimal mengurangi efek terpapar angin.

3. Mempermudah Proses Penyelamatan

Warna rompi safety yang cerah memudahkan identifikasi meski dalam jarak cukup jauh. Selain berguna untuk mencegah kecelakaan kerja, pemakaian rompi safety juga berguna dalam proses pencarian dan penyelamatan apabila kecelakaan kerja terjadi. Misalnya, pada kasus kecelakaan di tempat terpencil, seperti di area pertambangan, proses pencarian dan penyelamatan apabila korban memakai rompi safety.

 

Sekian info yang kami rangkum mengenai manfaat rompi safety, semoga dengan ini mampu meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan keselamatan kerja anda.


 

PT Bandung Indo Garmen siap melayani jasa produksi berbagai macam rompi safety dengan model yang custom dan bervariasi. Silahkan hubungi Customer service kami atau dengan mengklik tombol ‘Pesan via WhatsApp’ dibawah untuk tanya-tanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *