Mengenal Jenis-jenis Kancing

Posted on Posted in industri konveksi, pembuatan kaos

Kancing merupakan salah satu komponen baju yang fungsinya vital bagi jenis pakaian tertentu seperti kemeja, kaos polo dan jas mengingat fungsinya sebagai pengait. Kancing baju pada awalnya lebih sering digunakan sebagai ornamen (penghias tambahan) dibandingkan dengan fungsinya yang sekarang, sebagai pengait.

Zaman sekarang terdapat beragam jenis bentuk kancing. Selain berbentuk bundar, kancing juga dibuat dalam berbagai bentuk seperti bulat, persegi, dan segitiga.

Bahan yang paling umum untuk kancing adalah terbuat dari plastik keras. Selain itu, kancing dibuat dari bahan-bahan sintetis lainnya seperti logam, seluloid dan timah. Dengan adanya beragam jenis kancing yang tersedia di pasaran, kita memiliki banyak pilihan untuk mengaplikasikan kancing sesuai dengan kebutuhan desain pakaian kita, selain tentunya mengambil fungsi utamanya sebagai pengait. Berikut jenis-jenis kancing yang umum dipakai di pasaran yang kami rangkum.

1. Kancing Lubang

Jenis kancing ini sangat populer dipakai di pasaran, terutama untuk diaplikasikan ke kemeja dan baju koko pria. Kancing lubang kadang juga disebut kancing bermata, ada dua jenis yaitu kancing lubang dua dan kancing lubang empat, umumnya di permukaan kancing terdapat lubang-lubang tempat lewat jalur benang jahitan.

Kancing jenis ini dapat dipasang dengan jahitan tangan atau menggunakan mesin jahit. Ukuran kancing jenis ini bervariasi, mulai yang kecil hingga yang besar.

 

2. Kancing Tekan

Kancing tekan atau kandang disebut kancing jepret terdiri dari dua bagian yaitu bagian cembung dan bagian cekung. Kedua bagian mengunci bila ditekan dan terlepas bila ditarik. Kancing ini biasanya bisa ditemui pada jaket.

Kancing jenis ini ada yang terbuat dari besi atau dan ada juga yang terbuat dari plastik. Tergantung kualitas bahannya kancing jepret yang berkualitas rendah terkadang berkarat jika sudah dipakai dalam waktu yang lama.

 

3. Kancing Hak

Kancing hak terdiri dari dua bagian yaitu bagian penyangkut dan bagian sangkutan. Kancing kait digunakan sebagai pengancing bra, untuk penahan belahan yang dipasangkan pada akhir pemasangan zipper dll. Pemasangannya dilakukan dengan cara dijahitkan dan ada juga dengan cara ditekan. 

 

4. Kancing Bungkus

Kancing jenis ini merupakan digunakan untuk membungkus kancing dan lubang untuk jalur benang yang berada pada bagian belakang kancing, karena itula disebut kancing bungkus.

 

5. Kancing Berkaki

Kancing jenis ini biasanya digunakan untuk pakaian wanita, baik sebagai hiasan maupun sebagai penutup belahan. Kancing ini da yang terbuat dari logam dan ada juga yang dibuat dari plastik. Bentuknya mempunyai kaki yang berfungsi sebagai tempat memasukkan benang pada bagian bawah kancing, itu jugalah mengapa kancing ini disebut kancing berkaki.

 

Sekian info jenis-jenis kancing yang umum di pasaran yang kami rangkum. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *