Mengenal Perbedaan Katun Combed dan Katun Carded

Posted on Posted in distro, industri konveksi, pembuatan kaos

Bila anda  hendak membeli ataupun membuat kaos standar, tentu bahan yang pertama terpikir dan direkomendasikan adalah bahan katun combed. Saat ini katun combed memang menjadi bahan standar kaos pada umumnya.

Namun bila anda menginginkan bahan katun alternatif dari katun combed dengan kualitas yang tidak begitu jauh berbeda, anda bisa memakai katun carded. Katun karded dan combed sama-sama dibuat dari serat katun, yang membedakannya adalah proses pembuatan dan kelembutannya. Berikut kami paparkan penjelasan lebih detail mengenai perbedaan katun combed dan katun carded.

Katun Combed

Katun combed terbuat dari  serat murni dari kapas (katun) dengan melalui proses pembuatan yang lebih panjang dari katun carded. Sifat dari kain katun adalah nyaman di kulit, terpatnya kain halus dan dingin. Oleh karena itu di Indonesia yang mayoritas beriklim tropis sangat cocok memakai pakaian berbahan katun Combed.

Nama combed diambil dari proses pemintalannya yaitu combing. Proses ini merupakan lanjutan dari pemintalan setelah carding yang bertujuan untuk mendapatkan kain yang lebih halus dan berkualitas. Kain ini sudah memiliki proses washing sehingga baik digunakan untuk banyak orang karena bahan kimia yang terkandung sudah dikurangi. Karena itu harga katun combed lebih mahal dari katun carded.

Adapun ragam dari kain katun combed yaitu 20s, 24s, dan 30s. Nomor ini menunjukan ketebalan kain. Kain katun cotton combed 20s adalah yang paling tebal begitupun sebaliknya 30s semakin tipis. Katun combed sejauh ini masih merupakan kain yang paling umum digunakan untuk pembuatan kaos dan menjadi standar bahan kaos di pasaran.

Katun Carded

Seperti katun combed, katun carded juga berbahan dasar serat kapas (katun), namun yang membedakan keduanya adalah proses pembuatannya yang tentu berujung pada kualitas produk jadi yang berbeda.

Dalam proses pembuatan benang katun carded, ada proses yang dilewati yaitu proses combing. Proses combing merupakan proses tambahan yang dapat menghasilkan kain katun yang lebih halus dan berkualitas. Karena itu katun karded memiliki tekstur yang agak kasar dan kaku. Katun carded juga memiliki gramasi kain seperti combed, yaitu 20s, 24s, dan 40s.

Jenis katun ini juga tidak  melalui proses washing, dimana washing adalah pengangkatan dan pengurangan bahan kimia yang ada pada kain. Karena itu kain katun carded ini biasa digunakan untuk membuat kaos yang memiliki kualitas biasa atau rendah seperti kaos merchandise, seragam perusahaan kecil, atau kaos berkualitas biasa pada umumnya. Itulah mengapa pakain berbahan katun carded lebih murah.

Jadi itulah mengapa yang menjelaskan perbedaan kedua kain yang umum digunakan untuk membuat kaos itu. Jadi intinya perbedaan proses pembuatanlah yang menghasilkan kualitas yang berbeda dan tentunya berujung pada perbedaan harga. Sekian info yang kami rangkum, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *