Mengenal Sablon DTG

Posted on Posted in distro, industri konveksi

Mesin Cetak (Printer) DTG

Source: http://momimprovement.com

 

Perkembangan dunia digital kekinian tentu mempengaruhi perkembangan dunia printing kaos dan sablon. Saat ini sudah umum dijumpai kaos dengan sablon digital dengan hasil gambar yang lebih kompleks yang tidak bisa dicapai dengan sablon manual.

Pengertian Sablon DTG

Salah satu teknik sablon yang ada dipasaran adalah DTG (Direct to Garment). Sablon DTG merupakan teknik sablon dengan menggunakan Printer Khusus yang bisa mencetak tinta langsung ke kaos. Tinta yang dipergunakan pun tinta khusus yang bisa disebut tinta tekstil sehingga dapat langsung diaplikasikan ke kaos.

DTG printer merupakan pilihan tepat untuk melakukan pencetakan kaos dengan kuantitas kecil, dengan tingkat akurasi detail yang tinggi, atau memiliki banyak warna dan gradasi warna. Tinta DTG  juga bersifat lebih lembut  karena sifatnya yang berbahan dasar air.

Dengan menggunakan DTG ini desain yang sulit dicetak dengan menggunakan sablon digital dapat dengan mudah dicetak dan bisa dibuat secara satuan pula. Dengan arti lain DTG merupakan teknik perpaduan antara digital dan manual.

Maksudnya perpaduan digital karena bisa mencetak satuan dan desain separasi dengan banyak warna, dan perpaduan manual karena bisa mencetak bagian-bagian kecil dengan proses lebih mudah.

Sablon DTG merupakan solusi dari sablon manual yang memiliki variasi warna yang terbatas dan sulit menggunakan gambar dengan gradasi. Dengan Sablon DTG, maka warna gradasi pun bukan menjadi masalah untuk di cetak. Sablon DTG pun bisa dipergunakan jika ingin mencetak kaos satuan ataupun mencetak lusinan dengan satu desain.

 

Mengapa Sablon DTG Lebih Mahal?

Sebagian orang mungkin menganggap sablon DTG mahal, tetapi yang perlu kita perhatikan adalah perbandingan proses antara cetak, kualitas dan kuantitas sablon DTG jika dibandingkan dengan sablon manual. Pada teknik DTG, jika kita hendak melakukan pencetakan untuk baju berwarna putih, maka selanjutnya kita tinggal mempersiapkan gambarnya, meletakkan kaos polos pada printer DTG, dan langsung print saja. Proses pengerjaanya lebih sederhana jika dibandingkan dengan metode sablon kaos manual. Sablon DTG juga menerima cetak kaos satuan dengan kualitas gambar lebih baik dari sablon manual.

Salah satu aspek yang membuat harga DTG mahal adalah adanya perbedaan biaya pada tinta yang digunakan. Tinta untuk metode pencetakan langsung biasanya sangat mahal. Harganya hampir sepuluh kali lipat daripada tinta yang digunakan untuk sablon manual.

Demikian pengenalan Sablon DTG yang kami rangkum, semoga bisa jadi pertimbangan bagi anda yang hendak mencetak kaos dengan gambar yang lebih kompleks, berkualitas dan sebagai alternatif sablon manual yang umum dipakai di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *