Sejarah Singkat Resleting YKK

Posted on Posted in Uncategorized
Sumber: https://www.williamgee.co.uk/

Anda tentu familiar dengan resleting, benda yang satu ini melekat di pakaian kita sehari-hari, mulai dari jaket, celana, tas, sampai sepatu. Apakah anda pernah sering melihat tulisan ‘YKK’ pada resleting anda? Sebenarnya apa arti YKK itu?

Sejarah Terciptanya Resleting

Sebagai benda yang ada bersama kita sehari-hari tentu akan menarik bila kita tahu lebih jatuh tentang resleting, terkhusus resleting YKK .Tahukah anda resleting pertama kali ditemukan oleh seorang Insinyur mesin berkebangsaan Amerika Serikat bernama Whitcomb Judson.

Pada tahun 1890-an masih banyak sepatu tinggi sampai betis yang menggunakan kancing. Orang-orang perlu jari-jari yang cekatan dan kesabaran untuk memasang dan melepaskan kancing atau talinya.  

Bahkan seorang yang tidak sabar seperti Whitcomb Judson membutuhkan waktu 15 menit hanya untuk memakai sepatu. Sadar akan ketidaknyamanannya dalam memakai sepatu, akhirnya beliaupun mencari ide bagaimana caranya memakai sepatu dengan cepat.

Pada akhirnya ia menemukan alat yang ia sebut pengait untuk mengunci dan membuka sepatu yang pada akhirnya berkembang menjadi resleting yang dipatenkan pada tahun 1893.

Sejarah Resleting YKK

Tadao Yoshida
Sumber: https://www.ykk.com/

YKK merupakan singkatan dari Yoshida Kogyo Kabushikikaisha, yang dalam Bahasa Indonesia berarti PT. Yoshida Industri. Perusahaan ini didirkan seorang pria berkebangsaan Jepang bernama Tadao Yoshida di Tokyo, pada tahun 1934.

Tak banyak yang tahu, ternyata sebelumnya YKK itu bukanlah perusahaan  resleting seperti sekarang, melainkan pabrik bahan bangunan berupa semen dan mesin bangunan.

Saat ini perusahaan ini merupakan perusahan retsleting terbesar yang memimpin pangsa pasar resleting dunia. Perusahaan YKK mempunyai 132 anak perusahaan di lebih dari 60 negara, dan membuahkan 672 pabrik yang dapat mengembangkan sayap perusahaan. YKK juga membangun pabriknya di Indonesia, yang bertempat di Cikarang.

Sebenarnya, mereka tak hanya memproduksi retsleting, tetapi juga membuat mesin yang dapat menciptakan retsleting itu sendiri.

Sekarang perusahaan ini mengembangkan desain ritsleting, seperti Talon, Inc. Mereka juga merupakan produsen ritsleting utama yang digunakan oleh merek seperti Brooks Brothers dan Uniqlo.

Dalam industri konveksi, YKK punya reputasi yang tak tertandingi. Proses produksinya sangat terintegrasi secara vertikal yang berarti perusahaannya mengendalikan setiap bagian proses pembuatan ritsleting, mulai dari peleburan logam hingga kemasan ritsleting yang sudah jadi.

Yang menarik adalah, bagaimana Tadao Yoshida mempunyai ide untuk menciptakan sebuah karya kecil namun menjadi benda yang selalu terkait dalam pembuatan sebuah celana atau jaket.

Tadao menanamkan filosofi “Cycle Of Goodness” (yang berarti “Siklus Kebajikan”) di tubuhnya dan juga tubuh perusahaannya, itu adalah dasar yang membuat perusahaannya tumbuh tinggi, dan berhasil menguasai pasar resleting dunia.

 

Sumber:

Dikutip dari berbagai sumber

Kisah Resleting dan YKK oleh Satria Gumilang – Kompasiana.com

Sejarah Resleting / Zipper Dan Fungsinya – BahanKain.com

Bermula dari Toko Bangunan, Begini Sejarah Resleting YKK yang Bikin Dunia Fashionmu Tambah Keren – Halaman all – Blog TribunJualBeli.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *