Tips Membuat Desain Kaos Menarik

Posted on Posted in distro, pembuatan kaos

Kaos merupakan jenis pakaian yang paling populer saat ini, hampir semua orang memakainya setidaknya sekali seminggu. Kaos juga merupakan salah satu media kreasi seni yang diminati anak muda kekinian. Banyak sekali desain kaos yang beredar di pasaran, dengan berbagai segmentasi pasar dan tingkat kesulitan.

Apa kamu pernah terpikir untuk membuat desain sendiri? tentu akan membanggakan kalau desain kamu dipasang pada kaos dan dilihat banyak orang. Media dan teknologi saat ini sudah sangat mendukung kita untuk mengaplikasikan kreasi kita karena itu kebanyakan orang sudah mampu membuat desain kaos mereka sendiri.

Berikut kami rangkum tips-tips untuk membuat desain kaos yang menarik bagi kamu yang berminat untuk membuat desain kaos.

1. Tentukan Target Pembeli Kaos Kamu

Sebelum memulai membuat desain, kamu perlu tahu pada siapa kamu akan menjual kaos berdesain buatan kamu. Dengan begitu desain kaos yang kamu buat akan menyesuaikan selera konsumen kamu dan punya kemungkinan terjual lebih tinggi.

2. Ikuti Selera Konsumen

Salah satu faktor untuk menilai seberapa bagus desain sablon kaos kamu adalah kepuasan pembeli kaos kamu. Apakah pembeli senang dengan desain kaos kamu? Jika tidak ada tanda-tanda bahwa pembeli menyukainya, berarti ada sesuatu yang perlu kamu tingkatkan di desain kamu.

3. Ikuti Perkembangan Trend

Mengikuti perkembangan trend desain kaos sangatlah penting. Sebagai desainer, kita diwajibkan untuk peka dengan trend yang ada. Cobalah untuk mengamati desain-desain kaos dari brand populer.

Selain untuk mengerti selera pasar, mengamati perkembangan mode juga berfungsi untuk meng-upgrade pengetahuan kita. Jika kamu tak sempat berkeliling distro atau outlet untuk melihat desain terbaru, kamu pun bisa mengamatinya di internet.

4Pilih Komposisi Warna yang Cocok

Agar desain kaos kamu terlihat indah dan enak dipandang, pastikan kamu memilih kombinasi warna yang cocok. Bukan hanya warna dasar desain dengan warna kaos saja, tapi kamu juga harus memilih kombinasi warna yang pas pada gambar tersebut.

Untuk kombinasi waran-warna soft mungkin tak akan sesulit mengombinasikan warna-warna cerah, karena warna-warna lembut cenderung mudah dipadukan dan mudah terlihat serasi.

Namun lain halnya dengan kombinasi warna cerah yang mengharuskan kamu buat menyesuaikan satu waran dengan warna lain sehingga menghasilkan kombinasi yang serasi.

5. Perhatikan Detail Desain Kaos

Pada desain kaos berukuran besar, mungkin terkadang kamu mengabaikan bagian detail kecil gambar desain kamu. Padahal jika diperhatikan kembali, detail kecil pada desain kaos dapat mempengaruhi kesempurnaan kaos tersebut.

Bahkan pada beberapa desain, kumpulan detail kecil akan menciptakan desain yang unik dan begitu menarik. Jadi pastikan kamu selalu memperhatikan detail sekecil apapun pada desain kaosmu.

Dan biasanya, detail gambar juga akan berkaitan erat dengan penentuan warna pada gambar tersebut. Nah jika kamu ingin menonjolkan satu bagian kecil pada desain tersebut, salah satu caranya yaitu dengan menonjolkan detail gambar melalui warna yang lebih terang dibanding warna pada bagian lain.

6. Tentukan Karakter Desain Kamu

Salah satu faktor yangmembuat desain kaos buatanmu mampu menarik perhatian orang adalah karakter dari desain tersebut. Kamu harus bisa membuat desain yang memperlihatkan karakter dari desain kamu.

Setiap desainer pasti memiliki karakter dan selera yang berbeda, nantinya hal ini yang akan membuat kaos buatanmu nampak berbeda, dan juga menjadi nilai jual tersendiri.

7. Buatlah desain yang Cost-effective

Desain kaos yang bagus haruslah bersifat cost-effective. Artinya, desain sablon kaos yang kamu buat tidak memerlukan biaya yang cukup tinggi dengan tetap tidak mengorbankan segi keindahan desain tersebut.

Kalau kamu mendesain sebuah kaos yang memakai begitu banyak warna dan biaya tinggi akan menjadikannya sulit untuk mendapatkan harga jual yang kompetitif. 

Akan tetapi, memaksimalkan cost-effective bukan berarti kamu tidak bisa membuat desain sablon kaos yang kamu mau. Kalau kamu yakin desain kamu akan laku keras, tentu pengeluaran yang sedikit lebih banyak tidak akan menjadi masalah.

Sekian tips-tips menbuat desain kaos menarik yang kami rangkum. Semoga bermanfaat. Cek juga artikel kami sebelumnya tentang cara membuat desain kaos custom. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *