Tips Memilih Bahan Jaket

Posted on Posted in distro
Sumber: http://selloutdoorjacket.com/

Jaket merupakan salah satu pakaian yang biasa dipakai saat musim hujan ataupun musim dingin karena pada awalnya, fungsi jaket hanya untuk menghangatkan tubuh dari hawa dingin, hujan atau angin. Tapi di zaman sekarang fungsi jaket mulai meluas dari yang tadinya hanya sebagai penghangat atau pelindung tubuh menjadi salah satu atribut fashion yang selalu dipakai di beragam kesempatan.

Di musim hujan seperti sekarang jaket menjadi lebih dibutuhkan lagi, namun tentu anda ingin jaket anda tidak hanya fungsional dan mampu menahan cuaca dingin tapi juga fashionable dan terlihat keren.

Dalam memilih bahan jaket, kita perlu mempertimbangkan fungsi dan karakteristik dari jaket yang kita inginkan. Apakah kita memakai jaket itu saat musim hujan? atau untuk menangkal angin saat berkendara?. Pada artikel kali ini kami akan rangkum jenis bahan jaket berdasarkan karakteristiknya agar memudahkan anda dalam memillih.

1. Bahan jaket anti air

Salah satu jenis jaket yang umum digunakan saat musim hujan adalah jaket parasut. Jaket parasut biasanya terbuat dari bahan dasar taslan, polyester, despo, adidas dan diadora. Jaket parasut mempunyai kelebihan water resistant atau tahan air (ada juga yang tidak anti air), tidak cepat kusut, lebih hangat dan lebih mudah dibersihkan.

Meskipun jaket ini anti air, jaket ini juga bisa dipakai untuk sehari-hari, karena modelnya yang modis tidak seperti halnya jas hujan.

Berikut beberapa bahan jaket anti air:

  • Parasut
  • Taslan Balon
  • Tipstop Balon

2. Bahan jaket hangat

Salah satu fungsi jaket yang paling mendasar adalah untuk menghangatkan tubuh. Salah satu bahan jaket berkarakteristik hangat yang paling populer adalah fleece.

Kain ini memiliki karakteristik yang lembut, hangat ketika di pakai dan sedikit berbulu pada permukaan kainnya. Kain ini merupakan salah satu hasil olahan dari produk tekstil yang dikenal dengan nama imitasi wool.

Berikut beberapa bahan jaket hangat:

  • Fleece
  • Wool
  • Katun

3. Bahan jaket untuk berkendara

Bila anda seorang yang hobi berkendara motor ataupun tuntuntan pekerjaan anda membuat anda sering berkendara, jenis bahan jaket anda perlu memiliki karakteristik mampu menahan angin, cuaca panas, dingin, water repellant, dan memiliki ketahanan yang baik. Untuk keamanan disarankan untuk menggunakan reflektor (scotlite) pada jaket.

Jenis bahan jaket yang memenuhi kriteria tersebut adalah jaket kulit. Meskipun dari segi harga relatif mahal dan memerlukan perawatan khusus, jaket kulit asli memiliki kualitas yang sangat baik dan sepadan denganm harganya. Jaket kulit juga cocok digunakan untuk item fashion dan casual.

Berikut beberapa bahan jaket untuk berkendara:

  • Kulit asli
  • Kulit sintetis
  • Taslan waterproof

4. Jaket Sporty

Bahan yang umum digunakan untuk membuat jaket sporty adalah bahan Diadora (DDR), nama diadora digunakan karena bahan ini memiliki ciri yang mirip dengan bahan yang dipakai brand Diadora.

Karakter dari bahan ini sedikit mengkilap jika terkena sinar matahari. Permukaan bagian luar bahan ini halus dan memiliki kerapatan yang tinggi, sedangkan bagian dalamnya berbulu lembut dan menimbulkan efek hangat sehingga nyaman saat dipakai. Bahan ini  mampu menyerap keringat meski tidak sebanyak kain berbahan katun.

Berikut beberapa bahan jaket sporty:

  • Diadora
  • Adidas
  • Lotto

 

Itulah bahan-bahan jaket berdasarkan karakteristik dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *