Mengenal 5 Jenis Sablon Digital

Posted on Posted in industri konveksi

Source: https://www.impressionsmagazine.com/

Dulu proses menyablon pakaian masih menggunakan peralatan sablon manual dan membutuhkan waktu cukup lama untuk mengerjakannya, kini seiring berkembangnya teknologi maka berkembang pulalah teknik sablon, dari yang tadinya analog menjadi digital dan tentu perkembangan ini menghasilkan proses pengerjaan yang lebih efektif dan efisien.

Sablon kaos digital merupakan proses sablon langsung ke media sablon seperti kaos. Proses penyablonan ini tidak memerlukan waktu ber hari-hari karena proses pembuatannya sangat efektif dan efisien selain itu juga mudah dipelajari.

Hasil sablon yang dihasilkan sablon digital pun lebih berkualitas dan mampu menghasilkan gambar yang lebih kompleks yang tidak bisa dicapai dengan sablon manual. Berikut jenis-jenis sablon digital yang umum dipakai di industri.

1. Sablon DTG (Direct to Garment)

Sablon DTG merupakan teknik sablon dengan menggunakan Printer Khusus yang bisa mencetak tinta langsung ke kaos. Tinta yang dipergunakan pun tinta khusus yang bisa disebut tinta tekstil sehingga dapat langsung diaplikasikan ke kaos.

DTG printer merupakan pilihan tepat untuk melakukan pencetakan kaos dengan kuantitas kecil, dengan tingkat akurasi detail yang tinggi, atau memiliki banyak warna dan gradasi warna. Tinta DTG juga bersifat lebih lembut karena sifatnya yang berbahan dasar air.

Dengan menggunakan DTG ini desain yang sulit dicetak dengan menggunakan sablon digital dapat dengan mudah dicetak dan bisa dibuat secara satuan pula. Dengan arti lain DTG merupakan teknik perpaduan antara digital dan manual.

2. Sablon Digital Transfer Paper

Sablon digital transfer paper merupakan salah satu teknik sablon digital yang prosesnya paling mudah dan cepat. Transfer paper adalah media yang dipakai untuk mentransfer desain atau gambar ke permukaan kaos.

Ada 2 jenis kertas (transer paper) untuk teknik sablon ini: untuk kain warna putih atau warna terang biasanya disebut dengan transfer paper light. Dan transfer paper untuk kain warna hitam atau gelap yang biasa disebut transfer paper dark.

3. Sablon Digital Sublimation

Jenis sablon digital ini serupa dengan transfer paper, bedanya sablon ini menggunakan tinta khusus sublimasi dan untuk kualitas lebih baik bisa menggunakan kertas khusus sublimasi.

Kelebihan sablon digital sublimation terletak pada proses pengerjaanya yang cepat dan warna desain yang lebih cerah pada kain polyester.Sedangkan kekurangannya ada pada kemampuannya yang hanya bisa dpakai untuk kain warna terang dan mengandung bahan polyester.

4. Sablon Digital Ecosolvent

Teknik sablon ini memakai tinta ecosolvent yang digunakan untuk mencetak disain dari wide format printer. Desain akan diprint pada kertas khusus untuk tinta ecosolvent.

Jenis sablon ini mampu bersifat waterproof dan tidak adal batasan warna alias full color, dan hampir semua media kain bisa digunakan untuk teknik sablon ini. Namun tentu dengan segala keunggulan tersebut, harga yang diperlukan untuk sablon ecosolven ini juga lebih mahal,

5. Sablon Digital Duracotton

Teknik sablon digital ini mirip dengan sablon sublimation tinta yang dipakai pun tinta sublime, bedanya sablon jenis ini bisa dilakukan pada kaos berbahan katun. Tapi teknik sablon ini hanya bisa digunakan untuk kain berwarna terang atau putih, dan warna tinta tidak secerah sablon digital sublimation.

Sekian jenis-jenis sablon digital yang kami rangkum, semoga bisa jadi pertimbangan bagi anda yang hendak mencetak kaos dengan gambar yang lebih kompleks, berkualitas dan sebagai alternatif sablon manual yang umum dipakai di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *