Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Sablon Polyflex

Sumber: https://worxgroup.net/

Pada dasarnya sablon merupakan salah satu teknik mencetak pada berbagai media seperti kain, plastik, kertas, kaca, sebagainya dengan menggunakan alat bantu berupa screen sablon.

Seiring berkembangnya zaman para pelaku usaha terus berinovasi untuk mendapatkan teknik dan kualitas sablon lebih baik. Salah satu jenis sablon terbaru dan kurang begitu populer adalah sablon polyflex.

Sablon polyflex adalah salah satu jenis sablon yang menggunakan bahan semacam stiker atau vinyl yang di press di pakaian. Sablon ini terbilang masih baru, dengan proses pengerjaannya terbilang mudah.

Singkatnya lembaran vinyl dipotong dengan menggunakan mesin cutting yang telah terhubung dengan komputer. Sablon polyflex memiliki tekstur yang elastis, awet dan melekat kuat pada kaos. Sablon kaos polyflex belum sepopuler sablon plastisol dan sablon rubber, sablon jenis ini biasanya digunakan pada jersey olahraga dan kaos.

Bagi anda yang berminat dengan sablon polyflex ataupun bagi anda yang sedang mencari alternatif sablon lebih baik berikut kami rangkum kelebihan dan kekurangan sablon polyflex.

Kelebihan Sablon Polyflex

Kelebihan suatu jenis sablon merupakan faktor utama dalam memilih jenis sablon dan juga menjadi kebutuhan bagi usaha produksi kaos anda. Berikut beberapa kelebihan dari teknik sablon polyflex yang bisa anda pertimbangkan.

  • Warna dan gambar sablon yang lebih solid, tidak mudah pudar, copot, terkikis, walaupun cukup sering dicuci dan dipakai.
  • Efek warna yang lebih bervariasi dan unik
  • Hasil sablon memiliki tingkat akurasi dan kerapian yang lebih tinggi.
  • Bisa sablon satuan, tidak harus dalam kuantitas banyak.
  • Proses pembuatan sablon lebih cepat dari jenis sablon lain.
  • Harga lebih murah dari sablon DTG white ink bila sablonannya hanya satu warna

Kekurangan Sablon Polyflex

Setelah anda tahu kelebihan dari teknik sablon kaos polyflex, hal berikutnya yang perlu anda ketahui adalah kekurangannya. Kekurangan suatu teknik sablon juga merupakan hal penting yang perlu anda pertimbangkan untuk mengetahui nilai kaos yang anda buat, berikutbeberapa kekurangannya.

  • Pilihan warna tidak sebanyak sebanyak digital printing
  • Memerlukan bahan vinyl polyflex yang harganya terbilang mahal sebagai bahan produksi sablon.
  • Menggunakan mesin cetak yang juga tidak kalah mahal harganya.
  • Belum banyak yang tahu tentang sablon polyflex. Jadi keberadaanya relatif langka dibanding jenis sablon laainnya
  • Karena bahan polyflex memiliki ukuran yang terbatas, maka desain yang bisa dicetak pun ukurannya menjadi terbatas.

 

 

Sekian info mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan sablon kaos polyflex yang bisa anda pertimbangkan untuk sablon kaos anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *