Tips Merawat Jaket Parasut

Jaket merupakan salah satu pakaian yang biasa dipakai saat musim hujan ataupun musim dingin karena pada awalnya, fungsi jaket hanya untuk menghangatkan tubuh dari hawa dingin, hujan atau angin. Tapi di zaman sekarang fungsi jaket mulai meluas dari yang tadinya hanya sebagai penghangat atau pelindung tubuh menjadi salah satu atribut fashion yang selalu dipakai di beragam kesempatan.

Di musim hujan seperti sekarang jaket menjadi lebih dibutuhkan lagi, namun tentu anda ingin jaket anda tidak hanya fungsional dan mampu menahan cuaca dingin tapi juga fashionable dan terlihat keren.

Salah satu jenis jaket yang umum digunakan saat musim hujan adalah jaket parasut. Jaket parasut biasanya terbuat dari bahan dasar taslan, polyester, despo, adidas dan diadora. Jaket parasut mempunyai kelebihan water resistant atau tahan air (ada juga yang tidak anti air), tidak cepat kusut, lebih hangat dan lebih mudah dibersihkan.

Meskipun jaket ini anti air, jaket ini juga bisa dipakai untuk sehari-hari, karena modelnya yang modis tidak seperti halnya jas hujan.

Diperlukan cara khusus untuk merawat jaket berbahan parasut agar lebih awet, dikarenakan bahan parasut terbilang sulit jika kusut dan harus diseterika. Maka, untuk menghindari proses menyetrika untuk bahan parasut, Anda perlu mengetahui tips mencuci jaket parasut yang tepat.  Berikut langkah-langkah mencucinya:

1. Siapkan sebuah ember yang sudah diisi dengan air bersih.

2. Masukkan deterjen. Kocok-kocok air sampai berbusa. Sebaiknya jangan mencampur deterjen ketika jaket sudah direndam di air terutama deterjen bubuk karena bubuk deterjen dapat terselip dalam lipatan jaket.

3. Rendam jaket parasut tersebut selama kurang lebih 15 menit.

4. Jika sudah lewat 15 menit, jaket parasut boleh dikucek menggunakan tangan dan jika terdapat noda yang tidak bisa hilang hanya dengan dikucek boleh disikat menggunakan sikat lembut khusus pakaian agar tidak merusak bahan parasut.

5. Setelah jaket parasut bersih bilas jaket selama beberapa kali sampai bersih atau tidak ada busa deterjen yang tertinggal.

6. Jemur jaket parasut anda, tapi jangan terkena sinar matahari langsung karena sinar matahari dapat warna jaket parasut pudar, selain itu panas matahari juga dapat merusak bahan parasut yang sebenarnya tidak tahan panas, akibatnya jaket parasut dapat mengkerut atau bahan menjadi mudah rusak. 

Demikian tips merawat jaket parasut agar lebih awet yang kami rangkum, semoga bermanfaat.

Sumber: https://majalahkartini.co.id/berita/tips-merawat-jaket-berbahan-parasut-agar-tahan-lama/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *