Kelebihan dan Kekurangan Kain Polyester

Sumber: https://www.crypton.com/

Anda mungkin pernah mendengar kata ‘polyester’ karena kata ini cukup populer. Polyester merupakan salah satu bahan kain buatan (artifisial) proses kimiawi dan bukan berasal dari alam seperti katun yang berasal dari serat kapas.

Kain Polyester merupakan hasil campuran dari Polythylene Terephthalate (zat pada plastik) dan Ester (serat Fiberpoly dari minyak bumi). Keduanya menghasilkan bahan kain yang tipis, kasar, namun awet. Rahasia keawetan bahan ini terletak dari bahan dasarnya itu tadi, yakni (zat plastik dan minyak bumi).

Penerapan bahan polyester sangatlah luas, tidak hanya pada kain pakaian. Botol minuman plastik, perabotan rumah tangga, tali, sampai tirai jendela merupakan beberapa contoh penerapan bahan polyester.

Untuk membuat kain polyester kita juga bisa menggunakan benang sintetis. Salah satu contoh benang sintetis yaitu benang filamen. Benang ini melalui proses yang sedemikian rupa dan menghasilkan kain polyester.

Kain polyester merupakan salah satu bahan yang cukup populer digunakan untuk kaos dan jaket, karena itu menarik untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan bahan ini karena bahan ini sangat lekat dengan keseharian kita. Berikut kami ulas kelebihan dan kekurangan kain polyester.

Kelebihan Polyester

  • Tidak mudah kusut. Bahan ini tidak mudah berkerut meskipun sudah anda tekuk-tekuk atau gunakan seharian.
  • Cepat kering. Hal ini terjadi karena kemampuannya menyerap panas. Maka dari itu, beberapa barang outdoor, seperti tenda kemah, jaket parka, dan payung, menggunakan polyester sebagai bahan utama.
  • Tahan lama. Bahan ini memiliki daya tahan yang tinggi sehingga anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.
  • Tahan terhadap bakteri. Bahan ini cukup tahan terhadap kuman dan bakteri karena itu bahan ini menjadi pilihan untuk dibuat seprai, sarung bantal dan selimut.

Kekurangan Polyester

  • Agak panas saat dipakai. Hal ini dikarenakan kain ini tidak memiliki sirkulasi udara yang baik (breathable), karena itu baju berbahan polyester kurang cocok dipakai saat cuaca panas.
  • Kemampuan menyerap keringat yang kurang baik.
  • Mudah terbakar. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahan ini mengandung plastic. Karena itu, bahan polyester justru mudah terbakar. Jadi, janganlah menaruh kain atau memakai pakaian polyester di dekat api.
  • Menyusut saat terkena panas berlebihan. Karena itu berhati-hatilah saat menyetrika baju berbahan polyester.

Sekian kelebihan dan kekurangan bahan polyester yang kami rangkum, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *